""

12 Februari, 2013

Tips Mencegah dan Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Mencegah dan Mengobati rambut rontok merupakan suatu tantangan bagi kita, terutama kaum laki-laki karena rambut rontok yang tak diatasi akan mengakibatkan kebotakan di kemudian hari. Sebelum kita terlalu jauh membahas tentang tips dan cara-cara pengobatan rambut rontok ada baiknya kita mengenal penyebab rambut rontok lebih lanjut. Dengan mengetahui sumber penyebab rambut rontok maka kita akan dengan mudah mencegah dan mengobati rambut rontok dengan hasil yang memuaskan. Anda tidak cukup menggunakan shampo pencegah kerontokan untuk mengobati rambut rontok anda, karena shampo hanya bekerja sementara untuk membersihkan dan mecegah kerontokan akibat patahnya batang rambut. Sedangkan kerontokan sebagian besar diakibatkan oleh gangguan pada akar atau folikel rambut anda. Hentikan gonta-ganti shampo dan penggunaan shampo berbahan baku kimia sintthetis yang keras yang justru akan memperparah kerontokan rambut anda.




Mengenal Penyebab Rambut Rontok




Ada beberapa keadaan yang dapat memicu terjadinya rambut rontok. Secara umum rambut rontok terjadi karena kesalahan dalam merawat rambut, faktor keturunan dan kondisi tubuh yang kurang fit, perubahan hormon karena kehamilan, efek pengobatan, dan gaya hidup yang kurang sehat.



Kesalahan merawat rambut

Mungkin anda tidak menyadari selama ini bahwa kebiasaan merawat rambut yang salah akan semakin memperparah kerontokan rambut anda. Perilaku berikut akan menyebabkan berkurangnya kadar minyak dalam rambut yang menyebabkan rambut mudah patah. Menghentikan kebiasaan buruk ini akan membantu anda mengatasi rambut rontok anda. Beberapa kesalahan merawat rambut tersebut, antara lain:

  • Menggunakan sisir bergerigi rapat
  • Memanaskan rambut dengan menggunakan hair dryer, flat iron, dan hot curling
  • Mengikat rambut terlalu ketat
  • Terlalu sering keramas




Kerusakan rambut akibat tubuh yang kurang sehat

Kondisi tubuh yang tidak sehat akan menimbulkan gejala-gejala pada berbagai organ termasuk di rambut sendiri. Hal ini terjadi terutama oleh penyakit-penyakit sistemik. Beberapa penyakit yang menyebabkan kerontokan pada rambut, antara lain:

  • Kekurangan darah atau anemia. Kekurangan darah bisa diakibatkan oleh kekurangan zat besi, demikian juga halnya dengan rambut yang memerlukan nutrisi berupa zat besi dalam pertumbuhannya. Kekurangan darah merah juga mungkin mengakibatkan suplay oksigen dan makanan ke rambut menjadi berkurang sehingga mudah patah. Untuk mengobati rambut rontok karena anemia sebaiknya kita mengobati anemia terlebih dahulu dengan obat-obatan penambah darah atau mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung zat besi, seperti kangkung dan bayam.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu. obat-obatan tertentu yang dikonsumsi dalam rentang waktu yang lama dapat juga mengakibatkan kerontokan rambut. Obat-obatan tersebut dapat berupa antidepresan, diuretik atau obat-obatan kemotherapi. Sebaiknya anda membicarakan dengan dokter anda tentang penggunaan obat ini lebih lanjut
  • Hormon thyroid. Kekurangan atau kelebihan kadar hormon thyroid dalam tubuh juga berkontribusi pada kerontokan rambut. Ketidakseimbangan hormon ini akan memicu pengeluaran hormon DHT yang menyebabkan gangguan pada folikel rambut. Konsultasikan dengan dokter anda mengenai penyembuhan keadaan ini.
  • Diet ketat. Wanita sering melakukan segala hal untuk menjaga bentuk tubuhnya termasuk melakukan diet ketat. Diet ketat akan menyebabkan tubuh kekurangan energi dan protein termasuk rambut juga kekurangan komponen nutrisi tersebut, Protein adalah komponen penting dalam menjaga kekuatan dan pertumbuhan rambut. Solusi terhadap masalah ini adalah dengan menjaga keseimbangan nutrisi selama anda berdiet. Menurunkan berat badan membutuhkan cukup waktu.
  • Stress psikologis. stress kan mengakibatkan folikel rambut berkurang aktivitasnya sehingga menyebabkan kerontokan. Lakukan meditasi, relaksasi, tidur dan rekreasi yang cukup untuk mengurangi stress anda.

Faktor Keturunan Penyebab Kerontokan Rambut

Faktor keturunan juga berperan dalam munculnya kerontokan rambut. Ayah anda atau ibu anda yang dulunya mengalami kerontokan akan mewarisi gen tersebut kepada anda. Anda tidak dapat mengelak dari gen ini, tetapi anda dapat menghindarinya. Untuk menimbulkan kerontokan faktor gen harus berinteraksi dengan faktor eksternal lainnya. Jika kita mampu mengendalikan faktor eksternal tersebut maka kerontokan rambut tidak akan terjadi. Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mencegah kerontokan rambut:

  • Gunakan kondisioner setelah keramas. Kondisioner memberikan suasana dan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut. Usapkan kondisioner secukupnya secara merata di seluruh permukaan rambut. Setelah merata, lanjutkan dengan menyisirnya dengan sisir bergerigi jarang sehingga rambut tidak kusut saat dilakukan pembilasan.
  • Gunakan shampo yang cocok. Beberapa orang tidak cocok dengan jenis shampo tertentu sehingga memicu kerontokan rambut. Anda dapat menyesuaikan shampo yang pas dengan kondisi rambut anda, kalau perlu pertimbangkan penggunaan shampo berbahan herbal dan berbahan ringan yang membuat kulit kepala terasa nyaman
  • Bilas rambut dengan air biasa. Jangan sekali-kali menggunakan air hangat, karena kulit kepala sangat sensitif dengan suhu panas.
  • Keringkan rambut dengan mengangin-anginkannya. Jangan mengucek rambut secara kasar dengan menggunakan handuk dan hindari penggunaan hair dryer.
  • Hair tonik sangat baik untuk menyuburkan akar rambut, sebaiknya pilih hair tonic yang mengandung ginseng yang akan merangsang dan menguatkan rambut anda
  • Biarkan rambut anda tergerai, kalaupun keadaan mengharuskan anda mengikat rambut maka ikatlah dengan ikatan yang sedikit longgar sehingga tidak mencederai akar rambut
  • Hindari makanan dan minuman yang terbukti tidak baik untuk rambut, seperti alkohol dan kafein yang berlebihan.


Beberapa Tips Penting Untuk Mencegah dan Mengobati Rambut Rontok

  1. Pola Makan Yang teratur. Seperti dijelaskan di atas kekurangan komponen makanan tertentu akan menimbulkan manifestasi kerontokan rambut. Pastikan makanan anda seimbang dan mengandung cukup kalori dan protein serta mineral yang penting untuk tubuh dan rambut anda. Vitamin A, B, C dan E sangat penting untuk kesuburan rambut anda, tambahkan suplemen vitamin tersebut dalam menu anda sehari-hari.
  2. Pola Hidup Sehat. Lakukan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, hindari stress dan hentikan kebiasaan buruk seperti merokok terbukti dapat mencegah kerontokan rambut
  3. Hindari paparan sinar matahari berlebihan. Sinar ultraviolet merusak rambut dan kulit kepala anda, hindari paparan sinar matahari diatas jam 9 pagi dan sebelum jam 4 sore. Kalaupun anda harus kontak dengan matahari lindungilah rambut anda dengan menggunakan topi atau payung
  4. Gunakan produk perawatan rambut berbahan alami. Bahan kimia yang terkandung dalam shampo, pewarna rambut dan bleaching akan merusak keutuhan akar rambut anda. Gunakan selalu bahan perawatan yang tidak terlalu keras dan berbahan alami
  5. Pijatan lembut pada kulit kepala. Pijatan akan merangsang aliran darah ke kulit kepala, disamping itu akan memberikan perasaan rileks yang penting untuk suasana pertumbuhan rambut anda. Gunakan minyak zaitun atau jojoba saat anda melakukan pijatan tersebut.

Selamat mencoba tips-tips diatas dan lakukan dengan teratur. Menerapkannya dengan benar akan mengobati rambut rontok anda sekaligus mencegah rambut rontok datang kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...