""

28 Mei, 2011

Teratai Sebagai Makanan dan Obat


Ada dua macam teratai yaitu terataia berbunga merah dan berbunga putih . Orang India sejak lama telah lama memanfaatkan teratai sebagai bumbu masak dan jamu jamuan , Akar dan biji teratai dapat dimakan dengan cara digoreng atau dibuat sayur kare .

Daun teratai rasanya pahit . Di India dan China daun teratai terkenal sebagai obat turun panas . Daun teratai merangsang pembukaan pori pori kulit sehingga mampu memperlancar pengeluaran keingat . Karena hal itulah panas badan akan menurun . Jadi , daun teratai bermanfaat sebagi obat demam .

Batang tanaman teratai juga ada gunanya . Batang teratai yang direbus dan air rebusannya diminum , dapat menghilangkan gangguan lambung . Selain itu , batang teratai bermanfaat juga untuk melancarkan buang air kecil dan mengatasi disentri . Akara teratai juga berguna , teruama teratai putih . Tepung akar teratai rasanya agak manis . Tepung mentah akar teratai bias menyembuhkan sariawan . Jika sudah dimasak , tepung akar teratai bermanfaat untuk menguatkan jantung dan lambung .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...