""

10 Juli, 2010

Uap Lem Aibon Bikin Halusinasi & Otot Pernafasan Keram

KEBIASAAN menghisap uap lem aibon bisa menyebabkan ke matian mendadak. Dr. Esti, kon selor Ya yasan ASA Bangsa menge mu kakan, ada zat halusinogen dalam kandungan lem aibon.

“Halusinogen bisa membuat seseorang yang menghisapnya berhalusinasi. Namun, bahaya nya, di saat seseorang menghisap uap lem aibon bisa menyebabkan ke matian,” kata dr Esti saat me­meriksa siswa-siswi Anak Seko lah Jalanan.

Kematian mendadak disebab kan spasme atau keram di otot per nafasan. Uapnya bersifat iri tan. Mengiriitasi mukosa saluran napas hingga melukai saluran per napasan sehingga terjadi ke ram di otot pernafasan.

“Setiap orang yang menghisap nya, kemungkinan bisa menga la mi kematian mendadak. Dan bila seseorang yang menghisapnya, tidak mengalami kematian, jang ka lamanya akan merusak otak,” ujar Dr Esti. Zat halusinogen, me nurut dia, tidak saja terdapat di lem aibon, tapi juga terdapat pada jenis spi dol tertentu. Misal nya, ben sin atau solar.

“Ini juga bisa meyebabkan sa kaw. Pernah terjadi pada anak ber usia enam tahun yang memili ki kebiasaan menghisap uap solar. Anak ini, kalau belum meng hisap bau solar, dia akan menangis terus. Dan ini, sudah sakaw,” tegasnya.

Itulah yang terungkap dalam penyuluhan narkoba yang dila kukan Yayasan Asa Bangsa di Sekolah Anak Jalanan, Penjari ngan, Jakarta Utara (10/9).

Hari masih pagi di Sekolah Anak Jalanan (SAJA) yang ter letak di bawah jalan layang tol Tan jung Priok menuju Slipi, Penjaringan, Jakarta Utara. Saat itu, Rabu, 13 September 2008. Sua sana yang biasanya serius dan penuh pelajaran sekolah, tiba-tiba saja terisi oleh tatap mata bingung.

Di antaranya, Devi Andre, pe la jar TK A, berusia empat tahun berbibir sumbing. Keheranannya pun sirna, tatkala Ibu Tri Sutrisno pe merhati kegiatan Yayasan ASA Bang sa dan ibu Sulfiah Ambardi, Ke tua Yayasan ASA Bangsa me nyen tuhnya dengan penuh kasih sayang.

“Anak-anak ini adalah asset ne gara, namun kehidupannya mem prihatinkan,” kata ibu Tri Sutrisno, di acara road show ulang tahun Yayasan Asa Bangsa yang ke-9.

Di hari ulang tahunnya ini, ASA Bangsa, memberikan pe nyuluhan mengenai bahaya nar koba. “Narkoba, tidak saja meng hampiri usia remaja, tapi juga su dah masuk ke dunia anak-anak. Mu dah-mudahan penyuluhan ini dapat mengurangi pemakaian narkoba,” kata Ibu Tri.

Sementara itu, ibu Sulfiah Am bardi, ketua Yayasan Asa Bangsa mengatakan, kalau kegiatan pe nyuluhan narkoba pada anak-anak jalanan merupakan prioritas yayasan yang dipimpinnya. “Kegiatan ini merupakan ru ti nitas kami sejak berdiri di ta hun 1999. Kami, tidak saja memberi kan penyuluhan bahaya narkoba, tapi juga memeriksakan keseha tan mereka secara gratis, ” ungkap nya.

Reinhard Hutabarat, program me Officer, SAJA mengatakan, memang banyak anak-anak yang terkena narkoba di awal berdirinya SAJA. Umumnya menghisap lem aibon. “Awal berdirinya se ko lah anak jalanan ada yang pa kai. kini tidak dengan sering nya diadakan penyuluhan ba haya narkoba,” ujarnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...