""

14 Agustus, 2012

Jangan Khawatir, Santan Tak Selamanya Berdampak Buruk

imgSantapan di bulan Ramadan dan Idul Fitri banyak yang terbuat dari santan. Sebut saja, kolak, gulai dan opor ayam. Tentunya hal ini membuat sebagian orang 'ngeri' karena kandungan kolestrol di dalamnya.

Tapi tunggu dulu. Sebelum mengatakatan 'tidak' pada makanan khas hari raya, Anda perlu mengetahui bahwa ternyata santan tidak selamanya berikan pengaruh buruk. Makanan seperti santan dan minyak kelapa memang mengandung kolesterol, namun kolesterol baik yang dapat mengusir kolesterol jahat. Pada santan, terkandung phytosterol yang baik untuk tubuh.

Selain itu, ada beberapa manfaat lain yang diberikan oleh santan. Seperti yang dikutip dari ehow, ini dia manfaatnya:


1. Mengandung Nutrisi
Santan memiliki banyak kandungan nutrisi, mulai dari vitamin, mineral dan elektrolit. Santan kaya akan zat besi, 22% dari kebutuhan harian. Selain itu santan juga mengandung magnesium, pospor, potassiun, tembaga, selenium, seng, folat dan vitamin C. Juga sejumlah vitamin lainnya; vitamin E, K, thiamin, B16, niacin, kolin, asam pantothenic dan kalsium.

2. Lemak Jenuh
Lemak jenuh yang terkandung dalam santan terbuat dari asam lemak rantai pendek hingga sedang, dan dapat berubah menjadi energi. Oleh karena itu, walau pun mengandung lemak jenuh, santan bisa bantu menurunkan berat badan.

3. Asam Laurat
Setengan dari asam lemak rantai sedang yang ada pada santan mengandung asam laurat. Asam laurat berguna sebagai anti-virus, anti bakteri, anti mikroba dan anti jamur. Santan juga dipercaya bisa meningkatkan sistem imun.

4. Meredakan sakit
Jika Anda mengalami radang tenggorokan atau sakit bisul, cobalah untuk mengkonsumsi santan. Santan dipercaya dapat meredakan gejala penyakit tersebut.

5. Perawatan kulit
Selain dikonsumsi, santan ternyata baik untuk melembapkan kulit yang kering dan keriput. Selain itu, gunakan santan untuk keramas secara rutin jika ingin memiliki rambut halus dan mudah diatur. Santan juga bisa digunakan untuk mandi berendam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...